DINAS BUDPARPORA

Let's Ride The Seven Ghosts

Kadis Budparpora

Sekretaris Dinas

Profil Dinas Budparpora

Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan Nomor 07 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan, yang terdiri dari Sekretariat, Bidang Kebudayaan, Bidang Pariwisata, Bidang Pemuda dan Bidang Olahraga

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2013 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan BAB III, Bagian Keempat, Pasal 17, maka Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan khususnya Bidang pariwisata, mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang kepariwisataan sesuai dengan tugas dan dan fungsinya, yaitu menyelenggarakan segala urusan perencanaan, mengatur, memberi petunjuk koordinasi, megevaluasi pekerjaan dan kegiatan pembinaan dan pengembangan pariwisata, promosi dan pemasaran serta pembinaan sarana pariwisata.

 

Visi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga tahun 2011 – 2016 adalah :

TERWUJUDNYA KABUPATEN PELALAWAN SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA UNGGULAN, DIDUKUNG KETAHANAN BUDAYA YANG BERBASISKAN MASYARAKAT MENUJU KEHIDUPAN SEJAHTERA, MANDIRI, SEHAT JASMANI DAN ROHANI

Pernyataan Visi diatas memuat kata kunci sebagai berikut :

  • Daerah Tujuan Wisata Unggulan
  • Ketahanan Budaya
  • Berbasiskan Masyarakat
  • Kehidupan Sejahtera
  • Mandiri
  • Sehat Jasmani dan Rohani

 

  • Daerah Tujuan Wisata Unggulan adalah upaya menjadikan potensi obyek wisata yang ada di Kabupaten Pelalawan, terutama obyek wisata Alam Gelombang Bono dan Obyek Wisata Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) sebagai icon pariwisata unggulan bukan hanya tingkat kabupaten, namun ditingkat propinsi bahkan nasional yang didukung oleh keragaman dan keunikan budaya serta obyek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Pelalawan.
  • Ketahanan Budaya adalah upaya mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, sebagai perisai memperkuat jati diri dan marwah negeri yang dapat menerima proses pembaharuan akibat dampak dari globalisasi tanpa melupakan dan meninggalkan kearifan lokal.
  • Berbasiskan Masyarakat adalah pembangunan kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga yang dilakukan oleh pemerintah daerah melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi sesuai dengan bidang dan kemampuannya serta bermuara pada peningkatan taraf hidup.
  • Kehidupan Sejahtera adalah peningkatan taraf hidup disegala bidang sebagai dampak dan tujuan dari penyelenggaraan pembangunan disektor kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga yang telah diselenggarakan.
  • Mandiri adalah pembangunan yang diselenggarakan pemerintah akan menciptakan dan menghasilkan masyarakat yang mandiri yang akan menjadi mitra pemerintah daerah dalam upaya mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan.
  • Sehat Jasmani dan Rohani adalah terciptanya masyarakat yang berprestasi yang ditandai dengan tumbuhnya organisasi-organisasi pemuda yang berperan aktif dalam penyelenggaraan pembangunan, keolahragaan yang didukung oleh prilaku mental yang terpuji serta melaksanakan perintah agama yang bermuara kepada lingkungan yang aman dan tentram.

Misi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga tahun 2011 – 2016 adalah:

a)      Pembinaan dan Pengembangan Profesionalisme Sumber Daya Aparatur

b)      Mengoptimalkan dan meningkatkan seluruh Potensi Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

c)      Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan dan pelestarian budaya. Untuk mendukung pengembangan pariwisata

d)     Meningkatkan pembangunan dan pengembangan infrastruktur, sarana dan prasarana obyek wisata unggulan.

e)      Mengembangkan potensi dan kreativitas pemuda dalam rangka menciptakan masyarakat Kabupaten pelalawan yang terampil dan berdaya saing tinggi

f)       Meningkatkan peran, fungsi dan partisipasi pemuda dalam mewujudkan iklim yang kondusif bagi pembangunan daerah.

g)      Mewujudkkan system manajemen keolahragaan dalam upaya menata system pembinaan pembangunan keolahragaan secara terpadu dan berkelanjutan.

h)      Meningkatkan budaya dan prestasi olahraga secara berjenjang dan berkelanjutan melalui tahap pengenalan olahraga, pemantauan, pemanduan, dan pengembangan bakat, serta peningkatan prestasi.

Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintah Daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kebudayaan, pariwisata , pemuda dan Olahraga.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada Pasal 2, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis di bidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga;
  • Penyelenggaraan urusan pemerintah dan pelayanan umum di bidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga;
  • Penyusunan perencanaan bidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga;
  • Pembinaan, koordinasi, pengendalian dan fasilitas pelaksanaan kegiatan bidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga;
  • Pelaksanaan kegiatan penatausahaan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga;
  • Pembinaan terhadap Unit pelaksana Teknis Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.



January 2020
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 

» Agenda

Penyusunan Renstra Disbudparpora 2017 -2021

Rabu, 27 April 2016
Diisbudparpora


Pembahasan Awal Rencana Kegiatan dan Anggaran Pariwisata

Kamis, 3 September 2015
Dinas Budparpora


lainnya

» Events

Bono Jazz Festival 2016

Rabu, 16 November 2016
Kelurahan Teluk Meranti


Festival Bekudo Bono (Surfing Lokal)

Rabu, 16 November 2016
Kelurahan Teluk Meranti


Grand Final Pemilihan Bujang dan Dara Pelalawan 2016

Senin, 9 Mei 2016
Gedung Laksemana Mangku Diraja, Pangkalan kerinci


Seleksi POPDA

Kamis, 28 April 2016
GOR Tengku Pangeran Pangkalan Kerinci


Guinness Book Record Breaking for Longest Wave Surfing

Rabu, 9 Maret 2016
Teluk Meranti


Event Wisata Pancing

Kamis, 15 Oktober 2015
Kuala Napuh


lainnya